Kandungan Kimia Pada Kopi



Definisi Kopi

Kopi adalah minuman dari hasil seduhan biji kopi yang telah di sangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan komuditas lebih dari 50 negara di dunia, secara garis besar, kopi secara umum dibedakan menjadi dua varietas. Antara lain Kopi Robusta (coffea canephora), dan kopi arabika (coffea arabica). 


Minuman kopi mengandung 10 zat yang antara lain:

  • Air 
Air (‎H2O) memang menjadi kandungan dari minuman kopi. kandungan ini sangat baik buat kesehatan kita. karna 70 % dari tubuh kita adalah air.

  • Kafein
Kafein jelas menjadi kandungan yang ada dalam kopi, kandungan ini termasuk jenis zat psikoaktif. kafein merupakan senyawa alkaloid dikenal juga sebagai zat trimestilsantin dengan rumus molekul C8H10N402. meskipun kadar kafein dalam kopi hanya 1 - 1,5 %,  Zat psikoaktif akan mengakibatkan orang yang mengkonsumsinya bisa tahan kantuk dalam kasus yang parah bisa menyebabkan kanker, perlu di ingat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat ini.

  • Putrescine
kandungan putrescine di dalam kopi memang relatif sedikit. zat ini dihasilkan oleh bakteri E.Coli. bakteri E.Coli adalah bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk. hasil dari proses pembusukan inilah yang disebut putrescine.

  • Quinic Acid
bagi para pecinta kopi pasti sudah tak asing lagi dengan rasa asam dari kopi yang kita nikmati sehari-hari. rasa asam dari kopi berbeda-beda tergantung jumlah kadar quinic acid. dalam ilmu kedokteran zat ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan obat flu.

  • dimethyl disulfide
kandungan ini termasuk sangat banyak apabiila kopi masih dalam keadaan hijau atau basah, tapi akan berkurang saat kopi melalui proses pengeringan dan penyangraian. zat dimethyl inilah yang menyebabkan kotoran manusia menjadi bau.

  • dicaffeoylquinic acid
zat ini termasuk salah satu zat antioksidan. meskipun zat dicaffeol acid ini tidak sebanyak tanaman obat lain, zat ini ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas. 

  • trigonelline
gigi menguning bahkan menghitam adalah masalah yang umum di alami para pecinta kopi, zat inilah yang menyebabkan operubahan warna pada gigi para penikmat kopi. tapi meskipun membuat perubahan warna pada gigi, zat inilah yang dapat melindungi gigi, sehingga gigi sobat tidak mudah berlubang.

  • acetylmethylcarbinol
zat yang juga banyak di temukan di dalam mentega ini adalah zat yang membuat rasa gurih pada kopi.

  • niacin 
pada dasarnya niacin adalah salah satu bentuk senyawa organik disebut juga dengan vitamin B3. yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit pelagra, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah seerangan jantung. tetapi zat ini juga salah satu zat yang memberi efek negatif pada manusia, karna zat ini dapat menyerap vitamin-vitamin lain dalam tubuh, dan penggunaan berlebihan dapat mengakibatkan gagal hati.



0 Response to "Kandungan Kimia Pada Kopi"

Posting Komentar

Artikel Terpilih